-Keistimewaan Bulan Muharam- Alhamdulillah yaa... Dengan taufik dari Allah kali ini k...

                                     

-Keistimewaan Bulan Muharam-


Alhamdulillah yaa... Dengan taufik dari Allah kali ini kita bisa berada di tengah-tengah bulan yang sangat agung… Bulan yang  sangat dicintai Rasulullah .
     Sesuai dengan hadistnya beliau Bersabda,
اَفْضَلُ الشَّهْرِ لِصَوْمِ بَعْدَ رَمَضَانَ مُحَرَّمُ ثُمَّ رَجَبُ ثُمَّ ذُو اْلحِجَّةِ ثُمَّ ذُو اْلقَعْدَةِ ثُمَّ شَعْبَانُ
Emang kenapa ya bulan ini dicintai Nabi kita???
Ini nih jawabannya..
Bulan ini termasuk SYAHRULLAH atau BULANNYA ALLAH. Wow istimewa banget yaa… sampai dijuluki bulannya Allah.. Ini nih dalilnya julukan bulan tersebut..
Dari Abu Huroirah radhiyallahu anhu, Nabi  Bersabda,

  اَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ اْلمُحَرَّم           
Sebaik baik puasa setelah Romadhon adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharam.”
 Oleh karena itu bulan Muharram termasuk empat bulan haram (suci) dalam Islam yaitu  Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.
Loooh kok haram??? Iya, karena di dalam 4 bulan tadi masyarakat arab dilarang berperang karena disucikannya bulan tersebut.                                                       
Diantara kejadian yang penting yang terdapat di bulan ini adalah KEMENANGAN MUSA ATAS FIR'AUN. Dari Ibn Abbas RA, beliau bercerita:
Ketika Nabi  tiba di Madinah, beliau melihat orang Yahudi berpuasa di hari Asyuro (10 Muharram). Beliau  bertanya,  “Hari apa ini ?” Mereka menjawab,“Hari ini hari yang baik, dimana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, sehingga Musa pun berpuasa pada hari ini sebagai bentuk syukur pada Allah.
Akhirnya Nabi  Bersabda, “Kami (kaum muslimin) lebih berhak menghormati  MUSA dari pada kalian.” Kemudian Nabi  berpuasa dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa. (HR. AL BUKHARI)
Selain itu pada bulan ini juga ada kejadian penting lainnya yaitu
DIAMPUNINYA NABI ADAM ; DICIPTAKAN ARSY, SINGGASANA ALLAH, LANGIT, BUMI,  MATAHARI, BULAN, DAN BINTANG; DILAHIRKANNYA NABI ISA AS DAN NABI IBRAHIM AS; DISELAMATKANNYA NABI IBRAHIM DARI API; DIANGKATNYA NABI ISA KE LANGIT; DIKELUARKANNYA NABI YUNUS DARI PERUT IKAN; JUGA AWAL TERJADINYA HUJAN DARI LANGIT KE BUMI.
 Dan masih banyak lagi looh .. 
Naaahh ini adalah kesempatan kita untuk menyerbu pahala dan amalan-amalan yang ada di dalamnya…                                                                 Pengen tau apa aja yang bisa kalian kerjain di bulan ini???  Langsung aja dehh cek it dottt… 

 PUASA DI HARI KAMIS, JUM'AT DAN SABTU.
Karena Rasulullah Bersabda, 
  مَنْ صَامَ ثَلَاثَةَ اَيَّامٍ مِنْ شَهْرِ حَرَام : اْلخَمِيْسُ, وَ اْلجُمْعَةُ وَ السَّبْتُ, كَتَبَ اللهُ لَهُ سَبْعمِائَة عَامً
“Barang siapa berpuasa 3 hari di bulan haram di hari kamis, jumat dan sabtu berturut- turut maka Allah akan menulis baginya ibadah 700 tahun.”
SubhanAllah yaa 700 tahun… Padahal mungkin umur kita ga sampai segitu.

 PUASA TASU'AH 9 Muharram
Rasulullah juga pernah Bersabda :
لئن عشت الى قابل إن شاء الله تعالى صمت يوم  التاسع

Kalau aku masih hidup tahun depan, maka insya Allah aku akan puasa Tasu'ah.” Segitu besarnya ya semangat Rasulullah dalam mencari pahala dan karena Rasulullah ingin membedakan dirinya dengan orang Yahudi. Rasulullah Bersabda, “Puasalah kalian pada hari Asyura' dan berbedalah dengan orang Yahudi, puasalah kalian sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.”
Dan ada 1 lagi nih yang ga boleh ketinggalan yaitu  PUASA SUNNAH TANGGAL 11 MUHARRAM.

-12 Amalan Hari Asyuro-

Hmmm kalau hari Asyuro ada apanya yaaa???? Nahh di bawah ini akan ada 12 amalan yang bisa kita lakuin di bulan Asyuro…
Yang nggak kalah banyaknyaa!!!


1. Puasa Asyuro
Dari Abu Qatadah, Rasulullah ditanya tentang puasa Asyuro  beliau Bersabda,
صيام يوم عاشوراء يكفر السنة الماضية
Puasa hari Asyuro menghapus dosa setahun lalu.”
Subhanallah hanya dengan 1 hari loh dosa kita gugur!!! tunggu apa lagi ? hehehe..
Laluu ini dia  . . .
2.Mengusap kepala anak yatim dengan tangannya
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : من مسح بيده على راْس يثيم يوم عاشوراء رفع الله تعالى  بكل شعرة على رأس درجة في الجنة.

RasulullahSAW Bersabda,“Barangsiapa mengusap kepala anak yatim di hari Asyuro, niscaya Allah akan mengangkat derajatnya di surga pada setiap jumlah rambut anak yatim tersebut.”
Jangan sia-siain nih kita berusaha untuk mencari anak yatim disekeliling kita dan menyayanginya.

3. Memberi buka puasa pada hari Asyuro meski dengan seteguk air
Bersabda Rasulullah,
مَنْ فَطَّرَ مُؤْمِنًا لَيْلَةَ عَاشُوْرَاءَ فَكَأَنَّمَا أَفْطَرَ عِنْدَهُ جَمِيْعَ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ ﷺ وَ اَشْبَعَ بُطُوْنَهُمْ
Barang siapa yang telah memberi buka seorang mukmin di hari Asyuro, maka seakan-akan dia telah memberi buka seluruh umat Muhammad sampai kenyang.”
Hmmm apa kita harus memberi makan sampai kenyang?? Berpiring-piring gitu ?
Nggaak kok!!! Jadi walau kita cuma beri seteguk air itu udah cukup kok untuk dapet pahala  berlimpah …
4.  Mandi sunnah Asyuro
Wahhh yang ini mudah dan seger lagii!!!
Heheheh … Apaa sih fadhilah nya??
Sesuai dengan hadistnya beliau Bersabda,
و من اغتسل يوم عاشراء لم يمرض مرضا الأمرض
الموت
Barang siapa mandi di hari Asyuro, niscaya tidak  akan tertimpa penyakit seumur hidup kecuali sakit karena sekarat.”




5. Bercelak mata dengan itsmid Sebagaimana diterangkan dalam hadist  

Rasulullah   Bersabda ,
مَنْ اكْتَحَلَ اْلإِثْمِدَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لَمْ تَرْمدْعَيْنُهُ تِلْكَ السَّنَةِ كُلَّهَا
Barang siapa yang memakai celak itsmid  pada hari Asyuro tidak tertimpa sakit mata sepanjang tahun.”
Warna apa ya celaknya?HITAM atau MERAH???
Hitam atau merah sama saja karena itsmid itu ada 2 warna yaitu hitam dan merah.

6. Menjenguk orang sakit
Dalam hadist Rasulullah Bersabda,
من عاد مريضا يوم عاشوراء كا‘نما عاج ولد ادم
Barangsiapa menjenguk orang sakit di hari Asyuro maka seakan-akan telah menjenguk semua Bani Adam.”






7. Menghidupkan malam Asyuro  dengan ibadah
Menghidupkan malam bermacam-macam caranya…
 Bisa dengan bangun sepanjang malam  atau  dengan beribadah di malam itu, atau bangun lebih dari 5 jam (lebih dari setengah malam).
Tapi, jika kita belum mampu nih bangun malem atau ketiduran maka cukup dengan sholat Isya dan subuh berjama'ah yaa !!! …
Bersabda Rasulullah SAW,
قَالَ رَسُوْ لُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ أَحْيَا لَيْلةَ عَاشُوْ رَاءَ باِلْعِبَادَةِ فَكَأَ نٍّمَاَمِثْلَ عِبَا دَ اللهِ تَعالىَ اَهْل السَّمَوَاتِ السَّبْعِ
Barang siapa menghidupkan malam Asyuro, maka Allah akan menghidupkannya sampai waktu yang dikehendaki Nya.”

8.Menyenangkan keluarga
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ :
مَنْ وَسَّعَ عَلَى أَهْلِهِ يَومَ عَاشُوْرَاءَ أَوْسَعَ اللهُ عَلَيْهِ سَائِرَ السَّنَةِ
Barang siapa melapangkan nafkah keluarganya pada hari Asyuro,maka Allah akan melapangkan rizkinya sepanjang setahun ke depan”.
Hmmm kalo ini untuk para kepala keluarga kali yaaa?? Wahh ibu-ibu nya pada semangat nihh … 
Sekali belanjain keluarga aja bisa dapet keuntungannya setahun looohhh !!!

9. Ziarah Orang Alim
Waahh kesempatan nih untuk keliling-keliling cari pahala .. nah kita cari dong orang-orang alim di sekitar kita atau orang-orang tua di sekitar kita yaaa ...

10. Potong Kuku

11. Shodaqah
Kenapa shodaqoh yaa ??? emang apa bedanya dengan hari-hari biasa?
 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ :
 مَنْ صَامَ عَاشُوْرَاءَ فكَأَنًّمَا صَامَ السَّنَة ، وَمَنْ تَصَدَّقَ فِيْهِ كَانَ كَصَدَقَةِ السَّنَةِ
Oooh jadi shodaqoh di hari Asyura'' itu sama dengan kita sedekah setahun lohh  

12. Silaturrahim
Jadi silaturrahmi itu bukan di hari lebaran aja,tapi juga di hari Asyura''
Yaaa dan ini sedikit dari amalan di bulan yang mulia ini yang hanya kita bisa temui setahun sekali, ayooo kita raih surprise besar dari semua hal tadi.
Semoga dengan taufiq dari Allah,Allah beri kita semua kemudahan yaaa ...
Aamiiinnnnnnnn . . .

Dengan ini segenap kru buletin Aisha mengucapkan :
Happy Muharram for Ummat Rasulullah

Ummu Ma'bad dan Mukjizat Rasul

Bulan Muharam adalah bulan Nabi kita Muhammad    hijrah ke Madinah. Didalamnya terdapat hal-hal penting yang perlu kita ketahui.
Ini salah satu kejadian penting yang perlu kita ketahui , langsung aja yukk ke TKP!!!

Diperjalanan hijrah ke Madinah Rasulullahdan Sayyidina Abu Bakar dalam keadaan yang sangat letih dan lelah setelah menempuh perjalanan yang jauh. Mereka melewati kemah seorang ibu yang bernama Ummu Ma'bad. Mereka pun berhenti untuk membeli kurma, daging, dan susu.

Tempat seperti itu memang biasa menyediakan perbekalan untuk para musafir yang lewat. Namun sayang sekali semua yang mereka inginkan sudah habis. Ummu ma'bad yang baik hati merasa iba dan berkata, “Demi Allah, seandainya ada sesuatu yang tuan-tuan butuhkan, silahkan mengambilnya. Tuan-tuan tidak perlu membayar.

Rasulullah melihat kambing kurus dan bertanya, “Bagaimana keadaan kambing itu, Ummu Ma'bad ? Apakah bisa mengeluarkan susu ?“
Kambing itu adalah kambing yg sakit-sakitan tuan, ia sama sekali tidak mengeluarkan susu.”
Apakah boleh aku mencoba memerah susunya ?“ tanya Rasulullah lagi.
Silakan jika tuan mengira dia akan menghasilkan susu.”
Ummu Ma'bad merasa ragu dan takut mengecewakan hati para musafir, karena kambing-kambingnya yang tidak dapat mengeluarkan susu.
Maka Rasulullah mencoba memerahnya...
Subhanallah dengan izin Allah, kambing yang sakit-sakitan tadi menghasilkan susu yang melimpah.
Ummu Ma'bad terheran-heran dengan apa yang dia lihat  Lalu Susu itu ditampung di dalam gelas dan diberikan kepada Sayyidina Abu Bakar. Lalu Rasulullah memerah lagi dan kemudian diberikan kepada Abdullah bin Urauqith.Kemudian Rasulullah memerah untuk beliau sendiri.
Sesudah itu, beliau memerahkan susu untuk Ummu Ma'bad. Terakhir beliau memerahkan segelas lagi untuk suami Ummu Ma'bad yaitu Abu Ma'bad jika nanti datang.
Benar-benar suatu mukjizat besar yang dihasilkan oleh tangan mulia nabi kita Muhammad SAW …
Setelah itu, Rasulullah pun kembali meneruskan perjalanan ke Madinah dengan penuh perasaan bersyukur atas apa-apa yang beliau dapatkan
Sesudah matahari terbenam, datanglah Abu Ma'bad dan melihat segelas susu yang telah disediakan untuknya, ia keheranan dan bertanya kepada istrinya, “Dari mana segelas susu ini, Ummu Ma'bad?”
Ini dari kambing kita yang sudah sakit-sakitan”, jawabnya.
Kemudian Ummu Ma'bad bercerita panjang lebar tentang kejadian tersebut. Hingga akhirnya Abu Ma'bad segera keluar dan memerah susu kambing kurus itu.Dan Subhanallah kambing itu pun terus mengeluarkan susu dengan derasnya.
Abu Ma'bad berkata kepada istrinya, “Sungguh saya bercita-cita apabila kelak saya dapat berjumpa dengan orang yang kau ceritakan itu, niscaya aku akan menjadi pengikut dan sahabatnya.”
Ternyata sejak saat itu kambing kurus itu selalu menghasilkan banyak susu loh …

Kisah ini merupakan salah satu bukti bentuk kemuliaan yang diberikan oleh Allah kepada Rasulullah.
Semoga kita bisa meneladani akhlak beliau...

Sumber:  Kitab Kanjun Najah;Kitab Mukasyafatul Qulub; Kitab Nihayatuz Zain; Sharah Shahih Muslim; Kitab Tanbihul  Ghafilin bi ahadis sayyidil anbiya’ walmursalin ; Muhammad Teladanku, karangan Eka Wardhana dan Tim Sygma.

(Buletin Aisha, Edisi Perdana)
Name

Artikel,6,Audio,5,Buletin,5,Ceramah Habib Jamal,7,Galeri,1,Profil,1,Video,4,
ltr
item
Dar Ummahatil Mukminin
https://1.bp.blogspot.com/-7oAt-PFQK7M/V_nSR0QOhlI/AAAAAAAAAJ4/oaN-jJ04Ub4ag6_sPNtTU4VuD6cASowigCLcB/s400/sassy%2Bmuharram.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7oAt-PFQK7M/V_nSR0QOhlI/AAAAAAAAAJ4/oaN-jJ04Ub4ag6_sPNtTU4VuD6cASowigCLcB/s72-c/sassy%2Bmuharram.jpg
Dar Ummahatil Mukminin
http://www.darum.or.id/2018/08/keistimewaan-bulan-muharam.html
http://www.darum.or.id/
http://www.darum.or.id/
http://www.darum.or.id/2018/08/keistimewaan-bulan-muharam.html
true
67918956061357283
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy